Sabtu, 08 Oktober 2011

Ruang Lingkup ISD


Pengertian, Tujuan, dan Ruang lingkup ISD (Ilmu Social Dasar)

Sebelum kita tahu tentang ISD sebelumnya kita terlebih harus mengenal dasar ilmu pengetahuna. Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga :

1.      Natural sciences (Ilmu Alamiah), yaitu: Fisika, Kimia, astronomi, biologi dll.
2.      Sosial sciences (Ilmu Social) yaitu: Sosiologi, Ekonomi, Politik antropologi, Sejarah, Psykologi, Geografi dll.
3.      Humanities (Ilmu Budaya) yaitu: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dll.

Dengan melihat pembagian ilmu pengetahuan diatas maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar dapat dinyatakan sebagai satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.

Pengertian :

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang mengkaji masalah social yang dibuat oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dan keahlian dalam lapangan ilmu social seperti Sejarah, Ekonomio, Geografi social, Sosiologi, Antropologi, dan Psikologi Sosial.

Ilmu Social Dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu social dasar yang dipadukan, karena ilmu social dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu.

Ilmu sosial dasar merupakan suau bahan studi atau program pekerjaan yang diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

Tujuan :

Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum ilmu social dasar mempunyai tujuan untuk membina mahasiswa agar memiliki kemampuan, yaitu :

1.      Kemampuan personal

Tenaga ahli diharapkan untuk memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yang mencerminkan kepribadian yang baik, mengenal dan memahami nilai agama, masyarakat, dan pandangan luas terhadap berbagai masalah di kehidupan bermasyarakat.
2.      Kemampuan akademik

Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan dan mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang sedang dihadapi.
3.      Kemampuan professional

Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dan mereka diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam profesinya.

Ruang Lingkup :

Ada dua masalah yang dipakai sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup ISD.

1. Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.
2. Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.

Berdasarkan ruang lingkup tersebut masih perlu penjabaran untuk bisa dioperasionalkan ke Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan. seperti :

1. Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.
3. Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.
4. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.
5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
6. Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.


Refrensi :
http://abenknst.blogspot.com/2010/06/pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar